Kombinasi Gerak Dasar Pada Perkembangan Fisisk Anak Usia Dini



MODUL 6
KOMBINASI GERAK DASAR

·         PENDAHULUAN
Gerakan tubuh ternyata adalah  perantara yang aktif untuk mengembangkan kemampuan persepsi motorik. Bayi yang bermain dengan menggerak-gerakkan anggota tubuhnya telah banyak melakukan gerak motorik kasar. Dengan menguasai kegiatan motorik, pada diri anak akan timbul rasa senang dan percaya diri.
Kemampuan motorik akan berkembang menjadi suatu keterampilan motorik tertentu. Hal itu akan tergantung sejauh mana mereka mendapat pengalaman-pengalaman gerak darilingkungan sekitarnya.. perangorang tua, guru, teman dan orang-orang terdekat serta sarana prasarana akan sangat mempengaruhi hal itu. Tubuh yang selalu bergerak ternyata tidak hanya member pengaruh positif pada kondisi fisik tetapi juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis, intelektual, dan sosialnya.
Dalam hal ini kita akan membahas tentang bagian dari kombinai gerak.




·         PEMBAHASAN
1.      GERAK DASAR
Gerak dasar manusia adalah jalan, lari, lompat, dan lempar. Bentuk-bentuk gerakan tersebut telah dimiliki anak usia TK.Bagai mana kita menananmkannya pada ank usia TK agar bentuk-bentuk dasar itu dapat dilakukan dengan benar. Perhatiak beberapa contoh berikut ini.
A.    BERJALAN
a.      Berjalan ke Depan
Pada waktu berjalan posisi badan tegak, dada dibuka, perut agak ditarik ke dalam supaya rata, kepala tegak, pandangan ke depan. Tangan diayunkan dari belakang ke depan lemas dengan siku agak dibengkokkan di samping badang. Yang perlu anda perhatikan adalah pada waktu melangkahkan kaki kedepan, yang pertama kali terkena tanah adalah rumit, kemudian pindahkan berat badan melalui ibu jari, serta telapak kaki lurus ke depan. Selain dari itu, pada waktu melangkah ibu jari kaki dibantu dengan jari-jari yang lainnya agak ditolakkan, dan gerakan melangkahnya dimulai daripangkal paha.

b.      Berjalan ke samping
Dari permulaan sikap berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri, setelah kaki kiri kontak dengan tanah segera kaki kanan langkahkan ke samping kiri dan rapatkan pada kaki kiri, demikian seterusnya dan apabila berjalan ke samping kanan langkahkan dulu kaki kanan disusul dengan kaki kiri dilangkahkan ke sampan kanan dan dirapatkan pada kaki kanan, pandangan tetap ke depan. 

B.     BERLARI
Penekanan gerakan dasar berlari pada usia TK adalah kreativitasnya anak-anak. Namun, kita tetap memperhatikan teknik-tekni dasar gerakan lari yang benar. Misalnya, pada waktu berlari, telapak kaki yang bertumpuh pada tanah harus lurus, ayunan tangan mengarah ke depan, artinya tidak menyilang atau masuk kedalam ataupun mengarah ke luar.
Latihan gerakan dasar berlari bagi anak usia TK dapat dilakukan dengan cara berlari di tempat, berlari kedepan, ke samping, ke belakang, dan seorang di sertai dengan variasi dan komunikasi kecepatan dan jarak, sesuai dengan tingkat kemampuan anak, misalnya.
ü  Berlari ditempat pelan-pelan, kemudian agak lebih cepat:
ü  Berlari ke depan pelan-pelan, kemudian cepat.

C.    MELOMPAT
Program pengembangan kemampuan jasmani melalui bentuk-bentuk gerakan dasar melompat pada anakusia TK adalah untukmemberi pengalaman bagaimana cara jatuh atau mendarat dengan benar. Di samping itu juga menanamkankeberanian untuk anak. Gerakan dasar melompat dapat di lakukan dengan cara sbb.


a.      Melompat tanpa Gerakan Awalan
ü  Tolakan dengan Dua Kaki
Sikap permulaan:
Berdiri tegak, kedua kaki rapat atau agak rapat, kedua tangan di samping badan. Gerakannya sambil membengkokkan lutut ke depan, kedua tangan diayunkan ke belakang, badan agak dicondongkan ke depan, tumit diangkat. Kemudian, sambil menolakkan kedua kaki ke atas depan, kedua tangan di ayunkan dari belakang ke depan atas melewati samping badan.

ü  Tolakan dengan Satu Kaki
Sikap permulaan :
Berdiri dengan salah satu kaki di depan (kiri) lurus, kaki yang lainnya (kanan) di belakang dengan lutut agak di tekuk ke depan. Kedua tangan ke belakang, berat badang berada pada kaki kanan.
Gerakannya :
Bersamaan dengan mengayunkan kaki kanan ke atas depan, kakikiri ditolakkan ke atas depan menyusul kakikanan, kedua tangan diayunkan dari belakang ke depan atas melalui samping badan.pada waktu badan melayang di udara, kedua kaki diraptkan, jatuh atau mendarat kedua kaki (ujung kaki) dengan lutut di tekuk badan mengeper, kedua tangan ke depan, berat badan agak ke depan atau pada kedua ujung kaki.

b.      Melompat dengan Gerakan Awalan
Cara melakukan gerakan dasar melompat dengan gerakan awalan adalah sama seperti pada melompat tanpa gerakan awalan. Hanya saat sebelum melakukan tolakan didahului dengan lari dulu beberapa langkah (3, 5, 7 langkah atau  lari secepatnya, sesuai dengan tingkat kemampuan anak) tepat pada batas melakukan lompatan, baru anak melakukan tolakan dengan dua kaki atau dengan satu kaki sesuai dengan tugas yang harus di lakukannya.
Adapun hal hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
ü  Pelaksanakan lompatan haru s berisi dengan pasir yang gembur agar tidak membahayakan anak-anak.
ü  Guru harus mengawasi setiap anak yang melakukan latihan.
ü  Segera perbaiki bila ada anak yang slah melakukannya.
ü  Apabila anak telah benar-benar menguasai keseimbangan maka coba berikan berbagia variasi dan kombinasi di dalam melakukian lompatannya.

D.    MELEMPAR
Pembentukan gerak dasar melempar pada anak usia TK bertujuan untuk mengmbangkan kemampuan anak dalam melakukan suatu bentuk gerakan dengan anggota badannya.
Pengembangan kemampuan dasar anak bagi Usia TK dapat dilakukan dengan menggunakan bola kasti, bola tennis, atau jenis bola plastic.
Pada wakto bola di lempar, tangan kanan yang memegan  boladiayunkan ke samping, ke belakang. Kemudian dari belakang bola dilemparkan dengan menggerakkan tangan dari belakan melalui atas kepala ke atas dan kedepan.
Untuk melakukan kegiatan gerak dasar melempar, anak-anak boleh diberi tugas berbagai ragam melempar bola seperti :
o   Melempar sejauh-jauhnya melalui atas kepala.
o   Melempar ke sasaran yang telah ditentukan.
o   Melempar dari samping.
o   Menggelinding di atas tanah.
o   Melempar dari belakang melalui bawa badan dan samping badan.
o   Melempar dengan dua tangan, baik melalui atas maupun melalui badan

E.     PEMBENTUKAN TOGOK, LENGAN, BAHU, DAN KAKI
Untuk dapat mengembangkan kemampuan fisik anak-anak usia TK maka otot-otot tubuhnya perlu dibentuk terlebih dahulu agar mereka dapat membentuk posisi dangerakan anggota tubuhnya (propriostik).
Maka untukmembentuk togok, lengan, bahu, dan kaki dapat dilakukan dengan jalan pengulangan gerak berikut ini.
a.      Latihan Gerak Togok
ü  Gerakan membungkuk dan melentingkan badan
Sikap perrmulaan, berdirilah tegak, kedua kaki agak dibuk dan letakkankedua tangan dan letakkan kedua tangan di pinggang. Gerakkanlah dengan hitungan berikut.
Hitungan 1-2 : bungkukkan badan kedepan, usahakan kedua kaki/lutut tetap lurus.
Hitungan 3-4 : Lenting-lentingkan ke belakang, kepala mengikuti gerakan badan, lutut tetap lurus.

ü  Meliuk-liukan badan
Hitungan 1-2, cobalah meliuk-liukkan badan ke samping kiri, kedua kaki tetap lurus, kedua lengan dan kepala mengikuti gerakan badan. Hitungan 3-4, lakukan arah kebalikannya.

ü  Memutan badan
Lakukan sikap permulaan dengan berdiri tegak, kedua kaki agak dibuka, kedua tangan di pinggang dan pandangan kedepan.

b.      Latihan Pembentukan Gerakan Lengan, Bahu, dan Kaki
ü  Mengayun lengan ke samping kiri dan kanan
Hitungan 1 : ayunkan kedua lengan dari samping kanan ke samping kiri lurus melalui bawa depan badan.
Hitungan 2 : ayunkan kembali dari samping kiri ke samping kanan lurus melalui bawa depan badan.
ü  Mengayun lengan ke depan dan ke belakang
Hitungan 1 : ayungkan kedua lengan ke depan lurus.
Hitungan 2 : ayunkan kembali kedua lengan dari depan ke belakang lurus melalui bawa di samping badan, lutut, agak di bengkokkan.
Hitungan 3 : ayunkan kembali kedua lengan dari belakang ke depan lurus, melalui bawa samping badan.
Ayunkan kembali kedua lengan dari depan ke belakang lurus, melalui bawa samping badan.

ü  Memutar lengan ke depan dan ke belakang
Hitungan 1-4 : putarkedua lengan ke depan lurus melaui atas kepala.
Hitungan 5-8 : putar kembalikedua lengan ke belakangblurus melalui atas kepala.

ü  Latihan mendorong benda yang tidak bergerak (tembok)
Keduatelapak tangan di tempelkan ke tembok, kedua siku di bengkokkan dan kepala hampir mendekati tembok. Dorong tembok sekuat-kuatnya sampai badan tegak kembali.

ü  Dorong mendorong dengan teman
Berdiri berhadapan, kedua lengan saling berpegangan pada pundak temannya, kaki kanan masing-masing anak melangkah ke belakang kira-kira 30 cm. gerakkanlah dengan hitungan. Setelah ada aba-aba lakukan dengan saling mendorong. Setelah itu lakukan dengan kedua lengan lurus, masing-masing kedua telapak tangan saling menempel.

ü  Loncat-loncat di tempat
1)      Loncat-loncat di tempat sampai hitungan 8, kemudian loncat setinggi-tingginya ke atas. Pada saat badan berada di udara segera putar badan kira-kira 90o .
2)      Loncat setinggi-tingginya ke atas. Pada saat di udara putar badan sekitar 180o .
ü  Kombinassi gerak dasar
Gerak dasar dari manusia adalah berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Gerak dasar pada anak tersebut bisa kita berntuk dengan berbagai variasi gerakan dasar. Bagi anak usia TK pelaksanaan kombinassi gerak dasar antara lain dapat dilakukan dengan memberikan bentuk-bentuk kegiatan, seperti berikut:
                                        I.            Berbagai kombinasi jalan dan lari
Kombinasi jalan dan lari dapat dilaukan dengan cara
§  Jalan biasa dengan jarak beberapa meter.
§  Jalan dengan langkah panjang, kemudian lari secepat-cepatnya
§  Jalan dengan ujung kaki, kemudian lari secepat-cepatnya
§  Jalan dengan mengakat lutut tinggi, kemudian lari secepat-cepatnya

                                     II.            Kombinasilaridan lompat
§  Lari pelan-pelan pada batas yang ditentukan kemudian lompat ke atas setinggi-tingginya
§  Lari beberapa langka, kemudian lompat ke atas ke depan
§  Lari secepat-cepatnya kemudian lompat sejau-jauhnya

                                  III.            Kombinasi lari dan lempar
§  Lari beberapalangkah dengan membawa bola kasti, tennis atau plastic, pada saat yangdi tentutkan lemparkan bola sejauh-jauhnya.
§  Lari secepat-cepatnya sambil membawa bola,pada batas yang di tentukan lemparkan bola

                                  IV.            Kombinasi jalan, lari dan lompat
§  Anak di suru jalan kemudian lari secepatnya terus melompat sejauh-jauhnya.

                                     V.            Kombinasi jalan, lari, dan melempar
Anak berjalan beberapa meter.bila ada tanda, anak harus berlari sampai batas yang di tentukan kemudian melempar bola sejauh-jaunya

                                  VI.            Kombinasi gerak togok, lengan, bahu dan kaki
Awalnya anak berdiri tegak, kaki agak di buka, kedua tangan di samping badan, dan pandangan ke depan. Dengan hitungan berikut :
§  Hitungan 1 : badan di bungkukkan ke depan, kedua tangan sejajar dengan bahu, telapak tangan di letakkan ke lantai,kaki tetap lurus, kepala mengikuti gerakan badan.
§  Hitungan 2 : dalam posii jongkok, tumit di angkat, kedua tangan sejajar bahu lurus ke depan.
§  Hitungan 3 : Kembali bungkkukkan badan ke depan,tangan sejajar dengan bahu, telapak tangan di letakkan ke lantai dan kedua kaki lurus.
§  Hitungan 4 : posisi berdiri tegak, kemudian langsung lentingkan badan ke belakang, kepala tengadah, kedua lengan lurus ke belakang.
§  Hitungan 5 – 8 : lakukan lagi gerakan sepertipada hitungan 1 dan 4.
Perbedaan utama antara gerak berjalan dengan gerak berlari adalah berjalan ditandai dengan kedua kaki yang selalu kontak dengan tanah, sedangkan berlari kaki kiri dan kanan bergantian melayang.
                                                       VII.            Gerak DasarJalan dalam Berbagai Bentuk gerak Jalan
Tujuan gerakan ini adalah anak mampu melakukan eksplorasi gerak dengan cara jalan yang benar dalam situasi yang menyenangkan. Dan yang tidak kala penting adalah anar anak mampu menunjukkan manfaatbyang di peroleh darikegiatan bergerak jalan dan lari.
Untuk menambah variasi, coba berikan kebesan pada anak untuk melakukan gerakan yang sesuai seleranya.
2.      KEGIATAN PENGEMBANGAN GERAK LARI
Bagi orang dewasa semua gerakan dapat dilakukan dengan cara mudah, tetapi tidak demikian dengan anak kecil. Dalam halini perlu banyak melakukan latihan dan bimbingan dari orang yang lebih dewasa agar anak lebih mampu melakukan gerakan gerakan secara teratur melalui gerakan bermain.
A.    LARI
Berlari bisa dmanfaatkan oleh guru sebagai dasra untuk memberikan olah tubu kepada anak secara teratur. Adapun tujuan dari lari bagi anak yaitu :
a.       Anak mampu melakukan eksplorasi lari cepat, cra lari sambung, cara start untuk lari cepat, dan cara memasuki gari akhir dengan situasi yang menyenangkan.
b.      Terbentuknya sikapkeuletan, ketekunan,percaya diri, mampu bekerja sama, dan berani mengambil keputusan  dari anak didikmelauli nuansa bermain.
c.       Anakmampu menunjukkan manfaat dari kegiatan lari terhadap perkembangan badannya.
a)      Jenis Pengembangan Lari
Pengembanga gerak lari penting yang biasa dilakukan di sekolah.
ü  Lari Cepat
o   Pandah tempat
Mereka disuru berpinda dari tempat sekaran ke tempat yang baru dengan bebas.
o   Berpinda tempat dengan Kecepatan
Anak berdiri bebas dalam runagan. Kemudian, mereka diminta berpinda tempat dengan cara mereka sendiri asalkan sampai ke tempat tujuan.
o   Lari dengan berubah arah
Anak dalam suatu ruangan yang bear di beri batas, kemudian di minta mereka bergerak lari secara bebas tanpa bebenturan.

o   Lari cepat dengan berubah arah
Seperti dengan gerakakan mobil di jalan raya yang ramai dengan mobil dan kendaraan lainnya. Agar mereka cepat dan aman samapai tujuan maka mereka harus mengendalikan mobilnya dengan baik agar tidak terbentur.

o   Lari Cepat
Anak di beri tugas untuk berlari cepat dengan jarak 20 meter secara beregu semntara regu lain mengamatinya.

ü  Lari Sambung
o   Permainan estafet
o   Permainan estafet tapi teman yang menerima berdiriberjauhan
o   Seperti permainan pada pont dua tapi yang di gunakan tongkat bamboo atau kayu sepanjang 20-30 cm.
o   Lomba lari beranting (estafet)

ü  Pengenalan Cara star Lari
o   Permainan roti-rotan
Satu regu dinamakan roti dan regu lain dinamakan rotan. Kemudian guru member aba-aba, jika gurumeyebut roti maka regu roti harus lari dan regu rotan mengejar dan berusha untuk menyentuhnya.
o   Sama dengan poin 1 tapi dalamkeadaan jongkok.
o   Lombah star
o   Kegiatan puncak

b)     Pendinginan atau Penutupan
ü  Anakmendemostrasikan cara star dan berlari yang lainnya mengabil posisi duduk santai dan istirahat.
ü  Anak yang hari tiu sukses dan aktif diberi penghargaan dari guru.

B.     GERAK DASAR LOMPAT
a.      Perinsip Gerak Dasar Lompat
Gerak dasar lompat sama dengangerak dasr lari yaitu melakukan awalan. Gerak lompat terdapat sejumlah komponen yang bisa di aktifkan secara maksimal, yaitu kecepatan, kelincahan, kelenturan dan daya tolak otot tungkai.

1)      Contoh pengembangan gerak lompat jauh
§  Lompat Jauh
Tujuan pengembangan gerak lompat adalah mengajarkan anak melompat ke depan (jauh) dengan sikap gerak lompat yang benar, yaitu membengkokkanlutut, mengayunkan lengandan melakukan gerak perluasan (ekstensi).
Dalam pelaksanaannya, melompat ke depan (jauh) dapat dilakukan tidak harus langsung ke titik baku lompat jauh seperti halnya dalam atletik. Nuansa bermain tetapa  diprioritaskan dan bagaimana mengajarkan gerak dasar melompat secara bertahap dari geraka sederhana dalam situasiyangmenyenangkan.
Manfaat dari gerakan melompat ini adalah :
ü  Meningkatkan kekuatan dan kecepatan otot-otot tungkai
ü  Meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh
ü  Mengembangkan koordinasi gerak mata, lengan dan tungkai.

2)      Proses Pembelajaran
§  Pendahuluan
§  Lari melompati teman membungkuk/menelungkup
§  Mengayun lengan berirama
§  Melompat dengan tali
§  Melompati tali yang berbentuk V

b.      Pengembangan Gerak Melempar
Melempar pada prinsipnya adalah kemampuan memindahkan suatu objek (bola atau benda sejenisnya) melalui udara dengan menggunakan tangan. Utnuk anak usia TK perlu di di perkenalkan cara-cara gerak secara sederhana. Hal-hal yang perlu di fokuskan adalah konsep geraknya secara menolak dan mengayun dan tentu selalu di sajikan dalam suasana bermain tanpa beban.
1)      Pemanasan
Anak berkelompok, setiap anak berpegangan pinggang teman di depannya. Satu anak dari kelompok tersebut bertindak sebagai burung elang yang berusaha memangsa anaka ayam yang berada paling belakang barisan, sedangkan induk ayam berusaha melindunginya.

2)      Kegiatan Puncak
Anak berkelompok 3-5 anak. Satu kelompok di beri satu simpaiyang diletakkan lebih kurang sejauh 5meter. Anak berusaha memasukkan bola ke dalam simpai secara bergantian.

Komentar

Posting Komentar