MODUL 6
KOMBINASI GERAK DASAR
·
PENDAHULUAN
Gerakan tubuh
ternyata adalah perantara yang aktif
untuk mengembangkan kemampuan persepsi motorik. Bayi yang bermain dengan
menggerak-gerakkan anggota tubuhnya telah banyak melakukan gerak motorik kasar.
Dengan menguasai kegiatan motorik, pada diri anak akan timbul rasa senang dan
percaya diri.
Kemampuan
motorik akan berkembang menjadi suatu keterampilan motorik tertentu. Hal itu
akan tergantung sejauh mana mereka mendapat pengalaman-pengalaman gerak darilingkungan
sekitarnya.. perangorang tua, guru, teman dan orang-orang terdekat serta sarana
prasarana akan sangat mempengaruhi hal itu. Tubuh yang selalu bergerak ternyata
tidak hanya member pengaruh positif pada kondisi fisik tetapi juga akan
berpengaruh pada kondisi psikologis, intelektual, dan sosialnya.
Dalam hal ini
kita akan membahas tentang bagian dari kombinai gerak.
·
PEMBAHASAN
1.
GERAK
DASAR
Gerak dasar manusia adalah jalan, lari, lompat, dan lempar.
Bentuk-bentuk gerakan tersebut telah dimiliki anak usia TK.Bagai mana kita
menananmkannya pada ank usia TK agar bentuk-bentuk dasar itu dapat dilakukan
dengan benar. Perhatiak beberapa contoh berikut ini.
A.
BERJALAN
a.
Berjalan
ke Depan
Pada waktu berjalan posisi badan tegak, dada dibuka, perut agak
ditarik ke dalam supaya rata, kepala tegak, pandangan ke depan. Tangan
diayunkan dari belakang ke depan lemas dengan siku agak dibengkokkan di samping
badang. Yang perlu anda perhatikan adalah pada waktu melangkahkan kaki kedepan,
yang pertama kali terkena tanah adalah rumit, kemudian pindahkan berat badan
melalui ibu jari, serta telapak kaki lurus ke depan. Selain dari itu, pada
waktu melangkah ibu jari kaki dibantu dengan jari-jari yang lainnya agak
ditolakkan, dan gerakan melangkahnya dimulai daripangkal paha.
b.
Berjalan
ke samping
Dari permulaan sikap berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping
kiri, setelah kaki kiri kontak dengan tanah segera kaki kanan langkahkan ke
samping kiri dan rapatkan pada kaki kiri, demikian seterusnya dan apabila
berjalan ke samping kanan langkahkan dulu kaki kanan disusul dengan kaki kiri
dilangkahkan ke sampan kanan dan dirapatkan pada kaki kanan, pandangan tetap ke
depan.
B.
BERLARI
Penekanan gerakan dasar berlari pada usia TK adalah kreativitasnya
anak-anak. Namun, kita tetap memperhatikan teknik-tekni dasar gerakan lari yang
benar. Misalnya, pada waktu berlari, telapak kaki yang bertumpuh pada tanah
harus lurus, ayunan tangan mengarah ke depan, artinya tidak menyilang atau
masuk kedalam ataupun mengarah ke luar.
Latihan gerakan dasar berlari bagi anak usia TK dapat dilakukan
dengan cara berlari di tempat, berlari kedepan, ke samping, ke belakang, dan
seorang di sertai dengan variasi dan komunikasi kecepatan dan jarak, sesuai
dengan tingkat kemampuan anak, misalnya.
ü Berlari ditempat pelan-pelan, kemudian agak lebih cepat:
ü Berlari ke depan pelan-pelan, kemudian cepat.
C.
MELOMPAT
Program pengembangan kemampuan jasmani melalui bentuk-bentuk
gerakan dasar melompat pada anakusia TK adalah untukmemberi pengalaman
bagaimana cara jatuh atau mendarat dengan benar. Di samping itu juga
menanamkankeberanian untuk anak. Gerakan dasar melompat dapat di lakukan dengan
cara sbb.
a.
Melompat
tanpa Gerakan Awalan
ü
Tolakan
dengan Dua Kaki
Sikap
permulaan:
Berdiri tegak, kedua kaki rapat atau agak rapat, kedua tangan di
samping badan. Gerakannya sambil membengkokkan lutut ke depan, kedua tangan diayunkan
ke belakang, badan agak dicondongkan ke depan, tumit diangkat. Kemudian, sambil
menolakkan kedua kaki ke atas depan, kedua tangan di ayunkan dari belakang ke
depan atas melewati samping badan.
ü
Tolakan
dengan Satu Kaki
Sikap
permulaan :
Berdiri dengan salah satu kaki di depan (kiri) lurus, kaki yang
lainnya (kanan) di belakang dengan lutut agak di tekuk ke depan. Kedua tangan
ke belakang, berat badang berada pada kaki kanan.
Gerakannya :
Bersamaan dengan mengayunkan kaki kanan ke atas depan, kakikiri
ditolakkan ke atas depan menyusul kakikanan, kedua tangan diayunkan dari
belakang ke depan atas melalui samping badan.pada waktu badan melayang di
udara, kedua kaki diraptkan, jatuh atau mendarat kedua kaki (ujung kaki) dengan
lutut di tekuk badan mengeper, kedua tangan ke depan, berat badan agak ke depan
atau pada kedua ujung kaki.
b.
Melompat
dengan Gerakan Awalan
Cara melakukan gerakan dasar melompat dengan gerakan awalan adalah
sama seperti pada melompat tanpa gerakan awalan. Hanya saat sebelum melakukan
tolakan didahului dengan lari dulu beberapa langkah (3, 5, 7 langkah atau lari secepatnya, sesuai dengan tingkat
kemampuan anak) tepat pada batas melakukan lompatan, baru anak melakukan
tolakan dengan dua kaki atau dengan satu kaki sesuai dengan tugas yang harus di
lakukannya.
Adapun hal hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
ü Pelaksanakan lompatan haru s berisi dengan pasir yang gembur agar
tidak membahayakan anak-anak.
ü Guru harus mengawasi setiap anak yang melakukan latihan.
ü Segera perbaiki bila ada anak yang slah melakukannya.
ü Apabila anak telah benar-benar menguasai keseimbangan maka coba
berikan berbagia variasi dan kombinasi di dalam melakukian lompatannya.
D.
MELEMPAR
Pembentukan gerak dasar melempar pada anak usia TK bertujuan untuk
mengmbangkan kemampuan anak dalam melakukan suatu bentuk gerakan dengan anggota
badannya.
Pengembangan kemampuan dasar anak bagi Usia TK dapat dilakukan
dengan menggunakan bola kasti, bola tennis, atau jenis bola plastic.
Pada wakto bola di lempar, tangan kanan yang memegan boladiayunkan ke samping, ke belakang.
Kemudian dari belakang bola dilemparkan dengan menggerakkan tangan dari belakan
melalui atas kepala ke atas dan kedepan.
Untuk melakukan kegiatan gerak dasar melempar, anak-anak boleh
diberi tugas berbagai ragam melempar bola seperti :
o Melempar sejauh-jauhnya melalui atas kepala.
o Melempar ke sasaran yang telah ditentukan.
o Melempar dari samping.
o Menggelinding di atas tanah.
o Melempar dari belakang melalui bawa badan dan samping badan.
o Melempar dengan dua tangan, baik melalui atas maupun melalui badan
E.
PEMBENTUKAN
TOGOK, LENGAN, BAHU, DAN KAKI
Untuk dapat mengembangkan kemampuan fisik anak-anak usia TK maka
otot-otot tubuhnya perlu dibentuk terlebih dahulu agar mereka dapat membentuk
posisi dangerakan anggota tubuhnya (propriostik).
Maka untukmembentuk togok, lengan, bahu, dan kaki dapat dilakukan
dengan jalan pengulangan gerak berikut ini.
a.
Latihan
Gerak Togok
ü
Gerakan
membungkuk dan melentingkan badan
Sikap perrmulaan, berdirilah tegak, kedua kaki agak dibuk dan
letakkankedua tangan dan letakkan kedua tangan di pinggang. Gerakkanlah dengan
hitungan berikut.
Hitungan 1-2 : bungkukkan badan kedepan, usahakan kedua kaki/lutut
tetap lurus.
Hitungan 3-4 : Lenting-lentingkan ke belakang, kepala mengikuti
gerakan badan, lutut tetap lurus.
ü
Meliuk-liukan
badan
Hitungan 1-2, cobalah meliuk-liukkan badan ke samping kiri, kedua
kaki tetap lurus, kedua lengan dan kepala mengikuti gerakan badan. Hitungan
3-4, lakukan arah kebalikannya.
ü
Memutan
badan
Lakukan sikap permulaan dengan berdiri tegak, kedua kaki agak
dibuka, kedua tangan di pinggang dan pandangan kedepan.
b.
Latihan
Pembentukan Gerakan Lengan, Bahu, dan Kaki
ü
Mengayun
lengan ke samping kiri dan kanan
Hitungan 1 : ayunkan kedua lengan dari samping kanan ke samping
kiri lurus melalui bawa depan badan.
Hitungan 2 : ayunkan kembali dari samping kiri ke samping kanan
lurus melalui bawa depan badan.
ü
Mengayun
lengan ke depan dan ke belakang
Hitungan 1 : ayungkan kedua lengan ke depan lurus.
Hitungan 2 : ayunkan kembali kedua lengan dari depan ke belakang
lurus melalui bawa di samping badan, lutut, agak di bengkokkan.
Hitungan 3 : ayunkan kembali kedua lengan dari belakang ke depan
lurus, melalui bawa samping badan.
Ayunkan kembali kedua lengan dari depan ke belakang lurus, melalui
bawa samping badan.
ü
Memutar
lengan ke depan dan ke belakang
Hitungan
1-4 : putarkedua lengan ke depan lurus melaui atas kepala.
Hitungan
5-8 : putar kembalikedua lengan ke belakangblurus melalui atas kepala.
ü
Latihan
mendorong benda yang tidak bergerak (tembok)
Keduatelapak tangan di tempelkan ke tembok, kedua siku di
bengkokkan dan kepala hampir mendekati tembok. Dorong tembok sekuat-kuatnya
sampai badan tegak kembali.
ü
Dorong
mendorong dengan teman
Berdiri berhadapan, kedua lengan saling berpegangan pada pundak
temannya, kaki kanan masing-masing anak melangkah ke belakang kira-kira 30 cm.
gerakkanlah dengan hitungan. Setelah ada aba-aba lakukan dengan saling
mendorong. Setelah itu lakukan dengan kedua lengan lurus, masing-masing kedua telapak
tangan saling menempel.
ü
Loncat-loncat
di tempat
1)
Loncat-loncat
di tempat sampai hitungan 8, kemudian loncat setinggi-tingginya ke atas. Pada
saat badan berada di udara segera putar badan kira-kira 90o .
2)
Loncat
setinggi-tingginya ke atas. Pada saat di udara putar badan sekitar 180o .
ü
Kombinassi
gerak dasar
Gerak dasar dari manusia adalah berjalan, berlari, melompat, dan
melempar. Gerak dasar pada anak tersebut bisa kita berntuk dengan berbagai
variasi gerakan dasar. Bagi anak usia TK pelaksanaan kombinassi gerak dasar
antara lain dapat dilakukan dengan memberikan bentuk-bentuk kegiatan, seperti
berikut:
I.
Berbagai
kombinasi jalan dan lari
Kombinasi
jalan dan lari dapat dilaukan dengan cara
§ Jalan biasa dengan jarak beberapa meter.
§ Jalan dengan langkah panjang, kemudian lari secepat-cepatnya
§ Jalan dengan ujung kaki, kemudian lari secepat-cepatnya
§ Jalan dengan mengakat lutut tinggi, kemudian lari secepat-cepatnya
II.
Kombinasilaridan
lompat
§ Lari pelan-pelan pada batas yang ditentukan kemudian lompat ke atas
setinggi-tingginya
§ Lari beberapa langka, kemudian lompat ke atas ke depan
§ Lari secepat-cepatnya kemudian lompat sejau-jauhnya
III.
Kombinasi
lari dan lempar
§ Lari beberapalangkah dengan membawa bola kasti, tennis atau
plastic, pada saat yangdi tentutkan lemparkan bola sejauh-jauhnya.
§ Lari secepat-cepatnya sambil membawa bola,pada batas yang di
tentukan lemparkan bola
IV.
Kombinasi
jalan, lari dan lompat
§ Anak di suru jalan kemudian lari secepatnya terus melompat
sejauh-jauhnya.
V.
Kombinasi
jalan, lari, dan melempar
Anak
berjalan beberapa meter.bila ada tanda, anak harus berlari sampai batas yang di
tentukan kemudian melempar bola sejauh-jaunya
VI.
Kombinasi
gerak togok, lengan, bahu dan kaki
Awalnya
anak berdiri tegak, kaki agak di buka, kedua tangan di samping badan, dan
pandangan ke depan. Dengan hitungan berikut :
§ Hitungan 1 : badan di bungkukkan ke depan, kedua tangan sejajar
dengan bahu, telapak tangan di letakkan ke lantai,kaki tetap lurus, kepala
mengikuti gerakan badan.
§ Hitungan 2 : dalam posii jongkok, tumit di angkat, kedua tangan
sejajar bahu lurus ke depan.
§ Hitungan 3 : Kembali bungkkukkan badan ke depan,tangan sejajar
dengan bahu, telapak tangan di letakkan ke lantai dan kedua kaki lurus.
§ Hitungan 4 : posisi berdiri tegak, kemudian langsung lentingkan
badan ke belakang, kepala tengadah, kedua lengan lurus ke belakang.
§ Hitungan 5 – 8 : lakukan lagi gerakan sepertipada hitungan 1 dan 4.
Perbedaan utama antara gerak
berjalan dengan gerak berlari adalah berjalan ditandai dengan kedua kaki yang
selalu kontak dengan tanah, sedangkan berlari kaki kiri dan kanan bergantian
melayang.
VII.
Gerak
DasarJalan dalam Berbagai Bentuk gerak Jalan
Tujuan gerakan
ini adalah anak mampu melakukan eksplorasi gerak dengan cara jalan yang benar dalam
situasi yang menyenangkan. Dan yang tidak kala penting adalah anar anak mampu
menunjukkan manfaatbyang di peroleh darikegiatan bergerak jalan dan lari.
Untuk menambah
variasi, coba berikan kebesan pada anak untuk melakukan gerakan yang sesuai
seleranya.
2.
KEGIATAN
PENGEMBANGAN GERAK LARI
Bagi orang
dewasa semua gerakan dapat dilakukan dengan cara mudah, tetapi tidak demikian
dengan anak kecil. Dalam halini perlu banyak melakukan latihan dan bimbingan
dari orang yang lebih dewasa agar anak lebih mampu melakukan gerakan gerakan
secara teratur melalui gerakan bermain.
A.
LARI
Berlari bisa dmanfaatkan oleh guru sebagai dasra untuk memberikan
olah tubu kepada anak secara teratur. Adapun tujuan dari lari bagi anak yaitu :
a.
Anak
mampu melakukan eksplorasi lari cepat, cra lari sambung, cara start untuk lari
cepat, dan cara memasuki gari akhir dengan situasi yang menyenangkan.
b.
Terbentuknya
sikapkeuletan, ketekunan,percaya diri, mampu bekerja sama, dan berani mengambil
keputusan dari anak didikmelauli nuansa
bermain.
c.
Anakmampu
menunjukkan manfaat dari kegiatan lari terhadap perkembangan badannya.
a)
Jenis
Pengembangan Lari
Pengembanga
gerak lari penting yang biasa dilakukan di sekolah.
ü Lari Cepat
o Pandah tempat
Mereka
disuru berpinda dari tempat sekaran ke tempat yang baru dengan bebas.
o Berpinda tempat dengan Kecepatan
Anak
berdiri bebas dalam runagan. Kemudian, mereka diminta berpinda tempat dengan
cara mereka sendiri asalkan sampai ke tempat tujuan.
o Lari dengan berubah arah
Anak
dalam suatu ruangan yang bear di beri batas, kemudian di minta mereka bergerak lari
secara bebas tanpa bebenturan.
o Lari cepat dengan berubah arah
Seperti
dengan gerakakan mobil di jalan raya yang ramai dengan mobil dan kendaraan
lainnya. Agar mereka cepat dan aman samapai tujuan maka mereka harus
mengendalikan mobilnya dengan baik agar tidak terbentur.
o Lari Cepat
Anak
di beri tugas untuk berlari cepat dengan jarak 20 meter secara beregu semntara
regu lain mengamatinya.
ü Lari Sambung
o Permainan estafet
o Permainan estafet tapi teman yang menerima berdiriberjauhan
o Seperti permainan pada pont dua tapi yang di gunakan tongkat bamboo
atau kayu sepanjang 20-30 cm.
o Lomba lari beranting (estafet)
ü Pengenalan Cara star Lari
o Permainan roti-rotan
Satu
regu dinamakan roti dan regu lain dinamakan rotan. Kemudian guru member
aba-aba, jika gurumeyebut roti maka regu roti harus lari dan regu rotan
mengejar dan berusha untuk menyentuhnya.
o Sama dengan poin 1 tapi dalamkeadaan jongkok.
o Lombah star
o Kegiatan puncak
b)
Pendinginan
atau Penutupan
ü Anakmendemostrasikan cara star dan berlari yang lainnya mengabil posisi
duduk santai dan istirahat.
ü Anak yang hari tiu sukses dan aktif diberi penghargaan dari guru.
B.
GERAK
DASAR LOMPAT
a.
Perinsip
Gerak Dasar Lompat
Gerak dasar lompat sama dengangerak dasr lari yaitu melakukan
awalan. Gerak lompat terdapat sejumlah komponen yang bisa di aktifkan secara
maksimal, yaitu kecepatan, kelincahan, kelenturan dan daya tolak otot tungkai.
1)
Contoh
pengembangan gerak lompat jauh
§
Lompat
Jauh
Tujuan pengembangan gerak lompat adalah mengajarkan anak melompat
ke depan (jauh) dengan sikap gerak lompat yang benar, yaitu membengkokkanlutut,
mengayunkan lengandan melakukan gerak perluasan (ekstensi).
Dalam pelaksanaannya, melompat ke depan (jauh) dapat dilakukan
tidak harus langsung ke titik baku lompat jauh seperti halnya dalam atletik.
Nuansa bermain tetapa diprioritaskan dan
bagaimana mengajarkan gerak dasar melompat secara bertahap dari geraka
sederhana dalam situasiyangmenyenangkan.
Manfaat dari gerakan melompat ini adalah :
ü Meningkatkan kekuatan dan kecepatan otot-otot tungkai
ü Meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh
ü Mengembangkan koordinasi gerak mata, lengan dan tungkai.
2)
Proses
Pembelajaran
§ Pendahuluan
§ Lari melompati teman membungkuk/menelungkup
§ Mengayun lengan berirama
§ Melompat dengan tali
§ Melompati tali yang berbentuk V
b.
Pengembangan
Gerak Melempar
Melempar pada prinsipnya adalah kemampuan memindahkan suatu objek
(bola atau benda sejenisnya) melalui udara dengan menggunakan tangan. Utnuk
anak usia TK perlu di di perkenalkan cara-cara gerak secara sederhana. Hal-hal
yang perlu di fokuskan adalah konsep geraknya secara menolak dan mengayun dan
tentu selalu di sajikan dalam suasana bermain tanpa beban.
1)
Pemanasan
Anak berkelompok, setiap anak berpegangan pinggang teman di
depannya. Satu anak dari kelompok tersebut bertindak sebagai burung elang yang
berusaha memangsa anaka ayam yang berada paling belakang barisan, sedangkan
induk ayam berusaha melindunginya.
2)
Kegiatan
Puncak
Anak berkelompok 3-5 anak. Satu kelompok di beri satu simpaiyang
diletakkan lebih kurang sejauh 5meter. Anak berusaha memasukkan bola ke dalam
simpai secara bergantian.
tak ada penutupnya
BalasHapusKakak, kalau boleh tahu, ini sumbernya dari mana, ya?
BalasHapus